Pencarian
Kontak
Alamat :

Jl. Raya Cipayung

Telepon :

0218444750 - 0218444750

Fax :

021-8449362.

Email :

sma64jkt@yahoo.co.id

Website :

http://sman64jkt.sch.id/

Media Sosial
POLLING

Bermanfaatkah website sekolah bagi Anda

  Sangat Bermanfaat
  Ya
  Tidak
  Biasa
  Ragu-ragu

  Hasil Polling
Gerakan Rabu Bersih

Gerakan Rabu Bersih

  • Ditulis tanggal 21 Jul 2022 |
  • Dibaca 602 kali

Kamis, 21 Juli 2022, Wenny Mahdalena, S.S, M.pd

Kepala SMAN 64 Jakarta, Drs H. Imam Prasaja, M,Si mengemukakan bahwa perlu upaya nyata untuk menciptakan sekolah yang bersih, rindang, nyaman, berbudaya, memiliki semangat kekeluargaan, serta kepedulian antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, sesama guru dan dengan kepala sekolah.

“Gerakan  Rabu Bersih merupakan  upaya baru untuk menciptakan sekolah yang bersih, rindang, nyaman, berbudaya, dan memiliki semangat kekeluargaan dan kepedulian,” Tutur Bapak Imam saat pertama kali meluncurkan gerakan ‘Rabu Bersih” di sekolahnya (20/07/2022).


Pihak Sekolah terus berinovasi menyusun langkah-langkah strategis baru untuk perbaikan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnya. Diharapkan pembiasaan ini menjadi budaya sekolah dan lebih jauh lagi menjadi satu kebutuhan bahwa di sekolah diperlukan lingkungan yang senantiasa bersih, indah, rindang, dan asri.

Kegiatan Rabu Bersih mulai dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Juli 2022 yang dilaksanakan dari pukul 06.30 s.d 07.00. Begitu bel masuk berbunyi pada jam 06.30 tepat, seluruh siswa masuk kelas yang diikuti oleh guru yang mengajar pada jam pertama, kemudian siswa mendapat pengarahan dari guru tentang zona yang akan dibersihkan dan peralatan yang digunakan. Selain kegiatan Rabu Bersih ini, para anggota ekskul PMR pun menjadi Juru Pantau Jentik disetiap sudut sekolah yang menampung air, seperti ; mesjid, WC guru dan WC siswa, koridor, pot bunga, kolam ikan, saluran air dan dispenser disetiap ruangan.


Untuk kegiatan perdananya, subyek Rabu Bersih adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII serta walikelas ikut mendampingi kegiatan Rabu Bersih. Dengan bimbingan guru, siswa melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan sekolah secara bersama-sama. Mereka membersihkan ruang kelas, lingkungan SMAN 64 Jakarta pada tempat tempat yang sudah ditentukan jadwalnya oleh tim kebersihan Rabu Bersih,.

Rabu Bersih ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, rindang dan nyaman sehingga mendukung terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif. Juga tak kalah utamanya adalah untuk menanamkan dan membentuk karakter siswa yaitu kerjasama, jiwa persatuan, religius (kabersihan merupakan sebagian dari iman), gotong royong, peduli dan mandiri. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara bergiliran dengan kegiatan Imtaq / Ibadah pagi. Minggu pertama adalah giliran kegiatan Rabu Bersih. Selanjutnya, minggu kedua adalah giliran kegiatan Imtaq / Ibadah Pagi, begitupun seterusnya.

Program ini tentu saja memerlukan sarana dan prasarana agar kegiatannya dapat berjalan dengan baik. Sekolah sudah menyediakan alat-alat kebersihan meskipun masih belum maksimal. Perlu adanya konsistensi dan kesinambungan kegiatan agar hasilnya bisa segera terlihat sehingga diharapkan mendapat perhatian dan dukungan dari pihak-pihak terkait.

“Mudah-mudahan program Rabu Bersih ini dapat berjalan konsisten dan berkesinambungan serta mendapat dukungan dari pihak-pihak terkait termasuk sarana dan prasarana penunjangnya,” Ujar Bapak Imam.


Kirim Komentar

LOKASI SEKOLAH
Online Library
Youtube SMAN 64 Jakarta
PPDB SMAN 64 JAKARTA
KALENDER

April 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30
Kotak Saran