VISI
Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan berdaya saing
MISI
Menjadikan warga sekolah beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, Meningkatkan disiplin diri, bertanggung jawab dan berwawasan kebangsaan, Meningkatkan kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik, Mengembangkan bakat dan minat Peserta didik pada seni budaya bangsa Indonesia, Membentuk pribadi yang sehat, kuat dan tangguh, Menghasilkan Peserta Didik yang mampu berkompetisi tingkat nasional dan internasional

Tata Tertib Siswa



TATA TERTIB DAN TATA KRAMA KEHIDUPAN SOSIAL

PESERTA DIDIK SMA NEGERI 64 JAKARTA

 

PENDAHULUAN

 

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, menjelaskan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendaliandiri, kepribadian, kecerdasan, akhlakmulia, sertaketerampilan yang diperlukandirinya, masyarakat, bangsadannegara.Sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan perlu menetapkan Tata Tertib peserta didik agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif  dan efesien.

 

A.   LANDASAN

1.   Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

2.   Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan.

3.   Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Dikdasmen.

4.  Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan Dikdasmen.

5.  Permendiknas No. 24 Tahun tentang Pelaksanaan Permendiknas No. 22 dan No. 23 Tahun 2006.

6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.

7.  PeraturanMenteriPendidikan Dan KebudayaanRepublik Indonesia No. 81A Tahun 2013 TentangImplementasiKurikulum

 

B.   TUJUAN

1.    Menegakkan aturan dan tata krama yang berlaku di SMA Negeri 64 Jakarta.

2. Mewujudkan masyarakat sekolah sebagai masyarakat aman, tertib, terkendali dan kondusif.

3.  Meningkatkan serta mengamankan Visi dan Misi sekolah yang telah digariskan.

4. Mendorong kinerja warga sekolah agar lebih tertib, aman, termotivasi, dedikasi dan akuntabilitas yang tinggi serta disiplin yang kuat.

 

C.   TUGAS

Memberikan pendekatan secara kekeluargaan dan atau persuasif dengan cara peringatan, teguran dan sangsi bagi peserta didik yang melakukan pelanggaran-pelanggaran maupun penyimpangan-penyimpangan terhadap norma dan perturan yang dilakukan di lingkungan SMA Negeri 64 Jakarta. 

 

D.   FUNGSI

1. Melakukan inventarisasi data pelanggaran-pelanggaran dan penyimpangan-penyimpangan terhadap norma dan peraturan yang ada di SMA Negeri 64 Jakarta.

2.  Melakukan penelitian terhadap kendala-kendala dan hambatan-hambatan dalam menyelesaikan masalah yang menyebabkan pelanggaran-pelanggaran selalu dilakukan oleh peserta didik.

3.  Menciptakan suasana yang tertib, aman, tenang dan suasana belajar yang nyaman.

4.  Memberikan teladan dan contoh yang sesuai dengan etika dan norma sosial yang berlaku di masyarakat.

 

E.    IMPLEMENTASI

1.    Monitoring dilakukan setiap hari oleh Piket Sekolah dan TIM GDS

2.    Tim Kesiswaan merekapitulasi semua temuan tiap minggu.

3.    Pemberian sanksi terhadap Peserta Didik yang melanggar oleh Pimpinan


PERATURAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 64 JAKARTA

NOMOR :

TENTANG

TATA TERTIB DAN TATA KRAMA KEHIDUPAN SOSIAL

PESERTA DIDIKSMA NEGERI 64 JAKARTA

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 64 JAKARTA

 

Menimbang

 

 

 

 

 

:

1.    Bahwa untuk memperlancar proses pembelajaran di SMA Negeri 64 Jakarta perlu ditetapkan peraturan sekolah tentang Tata Tertib dan Tata Krama  bagi peserta didik.

2.