VISI
Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan berdaya saing
MISI
Menjadikan warga sekolah beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, Meningkatkan disiplin diri, bertanggung jawab dan berwawasan kebangsaan, Meningkatkan kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik, Mengembangkan bakat dan minat Peserta didik pada seni budaya bangsa Indonesia, Membentuk pribadi yang sehat, kuat dan tangguh, Menghasilkan Peserta Didik yang mampu berkompetisi tingkat nasional dan internasional

SOP










STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

PERATURAN AKADEMIK

 

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

A.  ULANGAN HARIAN

 

1.  Siswa harus dapat mencapai dan/atau melampaui nilai Ketuntasan Belajar Minimal

2.   pada semua mata pelajaran dalam satu tahun pelajaran, dalam nilai sikap, nilai pengetahuan dan nilai keterampilan.

3.  Penilaian sikap dilaksanakan setiap hari selama di sekolah maupun di luar sekolah, melalui observasi, jurnal kelas, penilaian teman sebaya dan/atau penilaian oleh diri sendiri.

4.  Penilaian pengetahuan dilaksanakan di kelas dalam kegiatan tatap muka melalui ulangan harian, baik tertulis maupun lisan.

5.   Penilaian keterampilan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas melalui kegiatan penugasan, secara individu dan/atau berkelompok.

 

Dalam melaksanakan ulangan harian :

 

a.   Siswa dituntut mandiri dalam mengerjakan soal

b.  Siswa dilarang bekerja sama (memberi maupun menerima jawaban) dengan teman dalam menjawab soal

c.  Siswa dilarang melihat catatan/menyontek dari buku maupun dari handphone.


1.   Jika ketahuan ada usaha percobaan sesuai dengan point nomor 5 di atas, maka siswa akan diberi peringatan oleh Guru yang mengawas

2.  Jika ketahuan dan terbukti siswa sudah melakukan usaha sesuai dengan point 5 di atas, maka siswa akan diberi nilai nol (0) pada ulangan harian tersebut.

 

 

 B.      REMEDIAL

 

1.  Remedial dimaksudkan sebagai pengambilan nilai ulang, setelah Peserta Didik mendapatkan pembelajaran ulang pada materi yang belum mencapai ketuntasan.

2.  Untuk mencapai nilai ketuntasan, maka siswa diberi kesempatan mengulang, maksimal tiga kali remedial pada Kompetensi Dasar yang sama.

3. Siswa harus aktif menghubungi Guru Mata Pelajaran untuk kepentingan remedial.

4.   Nilai yang digunakan untuk di input pada e-rapor adalah Nilai Asli dan Nilai Remedial dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

 

NA.UH    +      N.R               NA.UH    :  Nilai Asli Ulangan harian

(1 x UH)  + (..  xR)               N.R          : Nilai Remedial

                                                  U.H          :  Pelaksanaan Ulangan Harian

                                                  R              :  Pelaksanaan Remedial

 

C.      PENGAYAAN

 

1. Pengayaan dimaksudkan sebagai peningkatan pemahaman dan pengembangan materi yang bertujuan untuk mencapai dan / atau melampaui target perolehan nilai sesuai kontrak individu siswa, dari nilai yang sudah diperolehnya pada Ulangan harian yang sudah selesai dilaksanakan.

2. Siswa berhak mendapatkan pengayaan sesuai kebutuhan dan keinginannya, jika nilai Ulangan harian belum mencapai nilai sesuai target kontrak nilai individu.

3.  Siswa diberi kesempatan mendapatkan pengayaan, maksimal satu kali pengayaan pada Kompetensi Dasar yang sama.

4. Nilai yang digunakan untuk di input pada e-rapor adalah nilai pengayaan.

 


STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

PERATURAN AKADEMIK

 

 PELAKSANAAN TUGAS PIKET

A.     TUGAS KOORDINATOR PIKET :

1.       Mengkoordinir kedisiplinan guru pada jam tatap muka sesuai jadwal pelajaran

2.       Mengkoordinir kepatuhan siswa terhadap peraturan dan tata krama siswa

3.       Memberi izin siswa yang terlambat, untuk masuk kelas.

4. Mengkoordinasikan antisipasi tindakan yang dapat meminimalisir kelalaian dan/atau kealpaan Guru dalam tugas tatap muka.

5. Mengkoordinasikan antisipasi tindakan yang dapat meminimalisir kelalaian dan/atau kealpaan Siswa dalam melaksanakan tata tertib dan tata krama sekolah.

6.     Mengambil tindakan jika ada kendala yang diperkirakan dapat menghambat pelaksanaan proses pembelajaran di kelas maupun aktifitas siswa diluar kelas, pada jam sekolah.

7.       Setiap Jum’at siang, mengumpulkan jurnal kelas, sesuai kelas binaanya  :

-          Membuat rekap data ketidak hadiran Siswa

-          Membuat rekap data ketidak hadiran Guru

-          Mendata Guru yang tidak mengisi jurnal kelas

Rekapitulasi data tersebut disampaikan kepada Kepala Sekolah, selambatnya  Senin pagi.

 

B.      TUGAS PELAKSANA PIKET :

1.       Pagi hari sebelum proses pembelajaran di mulai ;

Ø  4 orang petugas piket berada di lantai 1 untuk mendata, membina dan memberikan sanksi kepada siswa yang terlambat hadir.

(Toleransi keterlambatan siswa yang tidak diberi sanksi adalah 5 menit).

Ø  1 orang dilantai 2 dan 1 orang dilantai 3, memantau terselenggaranya kegiatan sebelum jam kbm.

Jika Guru belum berada di kelas saat kegiatan berlangsung, piket menginformasikan kepada Koordinator, untuk ditindak lanjuti.

Ø  Penegakkan peraturan dan pemberian sanksi atas ketidak patuhan siswa terhadap tata tertib dan tata krama sekolah yang berkategori ringan, dilaksanakan secara lisan dengan bahasa mendidik dan santun.

Ø  Koordinator piket, setelah kegiatan pra kbm berjalan, membantu memantau dan berperan aktif membina siswa dalam proses penegakkan disiplin atas keterlambatan siswa.

Ø  Memberi izin siswa yang terlambat, untuk masuk kelas.

2.       Pada saat berlangsungnya pembelajaran ;

Ø  Petugas piket tiap lantai memantau keberadaan guru sesuai jadwal tatap muka di kelas yang menjadi tanggung jawabnya.

Ø  5 menit setelah pergantian jam, piket segera melaporkan kepada Koordinator yang siaga di ruang Guru, tentang kondisi kelas, terutama tentang keberadaan Guru di kelas sesuai jadwal.

(Toleransi keterlambatan Guru untuk hadir di kelas adalah selama 5 menit)

Ø  Koordinator piket mengantisipasi kesiapan Guru untuk tidak terlambat menuju kelas, dan mengambil langkah persuasif jika Guru lalai atau abai terhadap waktu.

3.       Pada saat istirahat ;

Ø  Secara bergiliran, atas kesepakatan para petugas piket dan sesuai arahan Koordinator piket, maka ada petugas piket yang keliling dalam lingkungan sekolah, memantau aktifitas siswa, serta mengambil tindakan, jika terdapat aktifitas siswa yang tidak sesuai dengan tata tertib serta tata krama sekolah.

 

4.       Sore hari pada saat proses pembelajaran berakhir ;

Ø  Petugas piket di lantai 1 mengisi jurnal piket harian dan ditanda tangani oleh Koordinator piket.

Ø  Koordinator piket berkoordinasi dengan bagian Kesiswaan, terutama jika ada hal yang bersifat urgent untuk segera ditindak lanjuti.

 

5.       Tugas piket tiap lantai ;

Petugas piket di lantai 1 ;

-   Membunyikan bel sesuai jadwal waktu tatap muka.

-  Memantau keberadaan guru di lantai 1, sesuai jadwal tatap muka di kelas yang menjadi tanggung jawabnya.

-    Memantau aktifitas siswa di lantai 1, pada saat di luar kelas pada jam tatap muka.

-    Memantau aktifitas siswa di lantai 1, di luar jam tatap muka.

-    Mengambil tindakan jika ada aktifitas siswa yang tidak sesuai dengan tata tertib dan tata krama sekolah, serta menuliskannya dalam jurnal piket.

-    Menerima tamu, dan menindak lanjuti keperluan tamu

-     Mendata keberadaan siswa di kelas

-     Mengisi jurnal piket harian.

-     Memantau siswa yang berada di UKS

Petugas piket di lantai 2 ;

-   Memantau keberadaan guru di lantai 2, sesuai jadwal tatap muka di kelas yang menjadi tanggung jawabnya.

-    Memantau aktifitas siswa di lantai 2, pada saat di luar kelas pada jam tatap muka.

-    Memantau aktifitas siswa di lantai 2, di luar jam tatap muka.

-    Mengambil tindakan jika ada aktifitas siswa yang tidak sesuai dengan tata tertib dan tata krama sekolah, serta menuliskannya dalam jurnal piket.

 

Petugas piket di lantai 3 ;

-   Memantau keberadaan guru di lantai 3, sesuai jadwal tatap muka di kelas yang menjadi tanggung jawabnya.

-    Memantau aktifitas siswa di lantai 3, pada saat di luar kelas pada jam tatap muka.

-    Memantau aktifitas siswa di lantai 3, di luar jam tatap muka.

-    Mengambil tindakan jika ada aktifitas siswa yang tidak sesuai dengan tata tertib dan tata krama sekolah, serta menuliskannya dalam jurnal piket.

 

C. TUGAS PERSONIL BIDANG KESISWAAN           DALAM PIKET HARIAN

Setiap hari ;

-  Memback up 4 orang petugas piket dalam menangani siswa terlambat.

-  Memantau dan berperan aktif sesuai prosedur mengatasi masalah, jika terjadi pelanggaran siswa

  Seminggu sekali ;

-     Membuat rekapitulasi data pelanggaran siswa

-     Membuat rekapitulasi data kehadiran siswa

-     Membuat catatan prestasi siswa

-   Berkolaborasi dengan Wali kelas dan BK untuk penanganan kasus siswa

-    Konsultasi dan koordinasi dengan Kepala Sekolah, jika ada masalah siswa yang urgen,  perlu ditindak lanjuti, dan perlu melibatkan pihak ke tiga.

  Sebulan sekali


    menyelenggarakan konferensi kasus siswa, jika ada masalah yang sudah ditangani sesuai prosedur, tetapi belum ada penyelesaian.